payudara besar lebih percaya diri

Tips Menjaga Kesehatan Payudara Yang Wajib Kamu Ketahui

Perhatikan jumlah makanan yang Anda konsumsi setiap harinya, berapa banyak jumlah kalori dari berbagai makanan yang Anda makan dan apa dampaknya bagi kesehatan payudara Anda.

Hindari mengkonumsi gula dan lemak rafinasi yang berlebihan karena ini tidak hanya meningkatkan detak jantung dan tingkat piring, gula halus dan lemak dapat juga meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Batasi kebiasaan minum Anda, minum lebih dari satu minuman beralkohol dalam satu harinya diduga akan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Jadi kelola sebaik mungkin dan hindari 3 atau lebih minuman beralkohol per minggu.

 

Minumlah suplemen atau vitamin D, kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan risiko atau bahkan memperburuk perjalanan kanker payudara. Oleh karena itu, konsumsilah vitamin D untuk meningkatkan kesehatan payudara.

Pilih deodoran yang tepat, Meski masih menjadi perdebatan, banyak deodoran yang mengandung paraben dan bahan kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan payudara. Jadi jangan abaikan komposisi deodoran.

Gunakan BRA yang tepat untuk payudara Anda, Seperti halnya deodoran, pertimbangkan ukuran dan bahan bra yang ingin Anda beli atau kenakan. Bra yang terlalu ketat atau memiliki underwire sering mengganggu aliran kelenjar getah bening, sehingga menyebabkan kelenjar getah bening tersumbat.

Selain beberapa tips diatas, lakukan juga pemeriksaan kesehatan payudara secara teratur agar dapat membantu diagnosis dini, pengobatan dini, dan mengurangi risiko masalah kesehatan payudara yang serius.

Namun perlu juga diperhatikan selain kanker payudara, apa saja masalah kesehatan umum lain yang perlu diperhatikan agar tidak menyerang payudara Anda

  1. Masalah kesehatan payudara
    Wanita lebih rentan terhadap masalah payudara daripada pria. Meskipun gangguan kesehatan payudara yang paling umum dialami wanita adalah kanker payudara, ada beberapa masalah kesehatan payudara lainnya yang mungkin perlu Anda waspadai:
  2. Mastalgia atau nyeri dada
  3. Tumor payudara
  4. Fibroadenoma atau tumor payudara jinak
  5. Kista payudara
  6. Penyakit fibrokistik payudara
  7. Keluar cairan dari puting
  8. Infeksi payudara atau mastitis
  9. Gatal pada dada atau puting susu
  10. Hipertrofi payudara atau makromastia
  11. Ketidakseimbangan hormon tiroid
  12. Tumor hipofisis jinak

Setiap wanita dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan. Tentunya akan lebih baik jika Anda juga melakukan pemeriksaan rutin setahun sekali untuk mendeteksi adanya masalah pada payudara, baik itu kanker maupun penyakit payudara lainnya. Simak juga tips dan informasi seputar cara mengencangkan payudara disini.