Sajian Makanan Sehat Untuk Lansia

3 Sajian Makanan Sehat Untuk Lansia

Walaupun orang tua Lanjut Usia sudah mengurangi berbagai aktivitas tetap memerlukan makanan sehat untuk lansia agar memiliki energi yang cukup. Asupannya juga harus memiliki kandungan nutrisi yang baik agar kualitas hidupnya tetap terjaga. Dengan demikian yang akan kesehatannya pun tetap baik.

Makanan sehat untuk lansia tetap harus terdiri dari berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan. Tidak hanya itu saja, tetapi sajiannya pun tetap seperti olahan olahan makanan biasa yaitu terdiri dari nasi, sayur sayur, lauk pauk serta susu.

Usulan Makanan Sehat untuk Lansia

Diakui pada usia ini ini manusia sudah mulai mengalami penurunan kemampuan untuk mencerna makanannya. Dimulai dari kesulitan mengunyah menggunakan gigi geligi serta berbagai masalah yang mungkin timbul pada saluran cerna.

Selain itu pula terdapat lansia yang mengidap berbagai macam penyakit yang perlu memerlukan pengobatan khusus atau kontrol terhadap bahan makanan tertentu. Hal ini tentu memerlukan perhatian berarti pada sajian tersebut bahan makanan yang di batasi asupan nya harus ditambahkan dalam jumlah yang sedikit.

Bubur Atau Makanan yang Lembut

Usulan makanan sehat untuk lansia yang pertama adalah dalam bentuk lembutnya atau bubur.  Anda dapat memasak nasi hingga menjadi lebih lembut daripada yang biasanya sehingga lansia tidak mengalami kesulitan untuk mengunyah.

Sebagai menu sarapan,  Anda dapat menyajikan bubur lengkap berbahan dasar nasi yang diolah dengan menggunakan kaldu sapi atau ayam. Dengan demikian ia tetap mendapatkan mineral serta nutrisi dari bahan ayam tersebut.

Pilihan lainnya adalah menggunakan bubur oatmeal yang lembut.  Anda juga bisa mengukus umbi-umbian hingga menjadi lembut contohnya adalah labu ubi berbagai macam warna serta singkong yang direbus atau dikukus hingga dapat dikunyah oleh lansia.

Olahan Susu

Bisa jadi langsing yang masih menyukai rasa manis dalam kudapan yang diinginkannya.  Oleh karena itu Anda dapat menyajikan puding yang lembut yang diolah dengan menggunakan susu atau sedikit santan jika diperbolehkan.

Sebagai tambahan untuk sumber vitamin dan mineral nya gunakan jus buah untuk mengencerkan nya. Kurangi penggunaan gula jika memang bahan perasa tersebut harus dibatasi asupannya.

Olahan susu lain yang dapat digunakan adalah yogurt lunak atau yang encer dengan berbagai macam rasa.  Anda dapat menambahkan yogurt tersebut ke dalam jus buah untuk memberikan rasa dan nutrisi yang lebih kaya.

Jus buah atau Sari Buah

Cara mengkonsumsi buah yang terbaik memang  dalam bentuk alaminya.  Namun, jika itu tidak memungkinkan, maka langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memotong daging buah dalam bentuk yang lebih kecil ketika akan menyajikan pada lansia.

Pilihan lainnya adalah mengubah bentuknya menjadi jus buah atau ekstrak sari buah menggunakan mesin blender atau extractor. Dengan demikian manusia tetap dapat menikmati berbagai kebaikan yang dimiliki oleh buah serta kesegaran rasa buah aslinya.